Selasa, 13 November 2012

mencabut rumput liar

Membasmi Rumput Liar

Rumput liar yang tumbuh di halaman rumah memang merusak pemandangan, karena tumbuhnya tidak teratur, ada yang panjang ada yang pendek kalau tidak dirawat dan dipangkas secara teratur. Sebaliknya, jika rajin memelihara si rumput, pemandangan di halaman rumah tetap terlihat indah. Kehadirannya dapat membuat tampilan taman menjadi kurang “sedap” dipandang mata. Penyebarannya bisa melalui angin, hewan, air, dan lain-lain. Untuk membasmi rumput atau tanaman liar lain yang tumbuh di tempat yang tidak dikehendaki, dapat dilakukan dengan beberapa cara yang sangat sederhana yang saya rangkup dengan menemukan dengan cara googling.

Berikut adalah cara-caranya :

1. Siapkan satu liter air, tambahkan 2-3 sedok makan garam, aduk sampai rata. Kemudian, segera siramkan larutan air garam tersebut pada akar-akar rumput liar.

2. Ambil garam halus secukupnya, kemudian taburkan ke tempat yang dikehendaki. Lakukan secara berulang hingga rumput-rumput tersebut mati.

3. Mencampurkan air dan cuka dengan perbandingan 1:1. Lalu siramkan larutan air dan cuka tersebut pada akar-akar rumput liar.

4. Ditutup lahannya menggunakan plastik hitam atau kertas koran berlapis2 hingga lahan tidak terkena sinar matahari selama 7 hari berturut-turut pasti rumput liarnya pada tewas semua karena rumput liar tumbuh membutuhkan sinar matahari.

5. Solusi terakhir. Membasmi rumput memang bisa menggunakan herbisida (namun ini biasanya untuk membasmi alang), antara lain merk Round Up dll. Menggunakan herbisida pembasmi alang-alang dapat digunakan untuk membasmi rumput liar namun tanaman sekitar ikut mati. Rumput2 ini baru tumbuh sekitar 2 bulan kemudian.
Sebagai catatan : bahwa herbisida mengandung bahan2 tertentu yang juga menyebabkan gangguan pada tanah (yakni penggerusan unsur hara). Untuk itu diperlukan pemulihan dengan menetralisir racun dalam tanah (lewat penyiramana secara kontinu - bisa lewat hujan) dan perbaikan unsur tanah lewat pengolahan dengan kompos dan pupuk kandang. Kalau rajin, bisa juga pakai sampah organik yng ditanam di tanah tersebut (hemat kan).

6. Bila rumput-rumput itu membandel, saran dari beberapa rekan yang suka membuat taman harus "diset ulang" alias bongkar abis dimulai dari awal.
1. Media tanam diayak/disaring buang kotoran dan akar-akar tanaman/rumput liar tadi.
2. Rumput yang akan kita gunakan harus dibersihkan juga dari gulma termasuk rumput liar tadi Pak!
Setelah itu sebelum menanam tanaman rumput & hiasnya tanah yang semprot dengan HERBISIDA sebanyak 2 kali dalam seminggu. Sebulan kemudian baru ditanam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar